Senin, 07 Januari 2013

Citra Diri Positif


http://2.bp.blogspot.com/-09jX9cNAc_g/UFfg0iNKNbI/AAAAAAAAA7M/kludpO8cbYo/s1600/Bashaer-Othman-2.jpg
Citra diri positif
Citra diri positif adalah kunci sukses secara alamiah dalam membangun percaya diri. Mencintai diri sendiri itu penting ,apa pun yang ada didalam diri kita,kelebihan atau pun kekurangan semua itu adalah sebuah nikmat yang Allah hadiahkan pada kita.
Cintailah dirimu !! karena dengan begitu adalah mensyukuri apa yang telah diberikan Allah pada diri kita sendiri,sebelum kita mencintai orang lain kita terlebih dahulu mencintai diri kita sendiri. Karena hanya kita yang tau seperti apa diri ini.
Mungkin terkadang anda merasa iri dengan kelebihan kelebihan yang orang lain miliki, misalnya lebih cantik,lebih kaya,lebih pintar tapi jangan jadikan itu suatu patokan atau ukuran untuk diri anda akan tetapi jadikan sebuah motivasi bahwa anda pun bisa seperti orang lain. Tanpa disadari banyak orang lain yang ingin menjadi seperti anda,padahal anda sendiri tau bahwa diri anda itu justru banyak kekurangan.
Merasa tidak cantik,bodymu tak langsing,susah bicara didepan audience,warna kulitmu tak cantik, atau apapun ..hindari perasaan seperti ini, hindari pemikiran negatif yang akan membuatmu terlihat lemah,tapi rubahlah ke dalam pemikiran positif dengan citra diri positif, berfikirlah secara jernih. Yakinlah setiap potensi yang ada pada diri anda punya daya tarik tersendiri  yang mempengaruhi citra kepribadian anda.

TAHUKAH MANFAAT CITRA DIRI POSITIF ?

·         Dapat membawa perubahan positif pada diri anda
·         Memiliki inisiatif untuk dapat merubah kehidupan lebih baik
·         Perubahan positif itu tidak terjadi hanya pada diri sendiri akan tetapi berpengaruh juga dengan lingkungan sekitar anda
·         Mampu mengubah krisis menjadi keberuntungan.
Contoh : misalnya anda mengajar dalam satu kelas ,anda menghadapi siswa yang banyak, dan anda berdiri sendiri tanpa bantuan,sebenarnya anda kewalahan akan tetapi anda mampu menciptakan sesuatu yang mampu mengendalikan pembelajaran dengan baik,dengan suasana yang kondusif dalam kondisi stress karena siswa yang banyak tapi anda berhasil . dan metode yang anda lakukan tersebut ditiru banyak orang.

UPAYA MEMBENTUK CITRA DIRI POSITIF
·         Persiapan membantu untuk mencari alternatif ,solusi,dan menyusun strategi
·         Berfikir unggul mendorong untuk mendapatkan suatu karya baru.
·         Belajar berkelanjutan jadi, jangan berhenti untuk belajar, terus berusaha ,percaya bahwa anda bisa melakukan hal yang dalam pikiran anda tidak mungkin SEKALIPUN.tetapi yakinlah..........setiap kesempatan yang ada pada anda, maka Allah akan mampukan anda bisa .
·          tanamkan dalam pikiran ,bahwa : anda bisa !!.

KEPRIBADIAN SEBAGAI BENTUK CITRA DIRI POSITIF
·         Kepribadian karena bawaan (genetik) dapat membentuk citra diri positif dalam penyesuaian diri . misalnya anak tunggal yang di manjakan, dari segi pakaian ,cara bicara, penampilan, semua itu bentuk kepribadian yang bisa menjadi citra diri positif, bahkan kekurangan pada diri anda bisa menjadi daya citra positif.
·         Kepribadian terbentuk karena lingkungan keluarga,sekolah atau sosial budaya dapat mempengaruhi terbentuknya kepribadian.
Lingkungan adalah faktor terbesar pembentukan kepribadian,anda harus pintar memilah hal-hal yang positif maupun hal yang negatif,Ambil postifnya dan lestarikan dalam diri anda.
·      Kepribadian karena bawaan serta lingkungan dapat menyebabkan timbulnya AKU/DIRIKU dalam seseorang. Untuk membentuk kepribadian yang baik butuh pembelajaran secara terus menerus.
·      Kepribadian merupakan keadaan pembentukan citra diri positif karena dapat mengenal diri sendiri, memahami diri sendiri, dan dapat menyesuaikan diri dalam lingkungan. Misalnya : anda bisa mendongeng, itu artinya anda memiliki kemampuan bercerita.


MENGAPA HARUS MENGENAL DIRI SENDIRI ?

·         Supaya anda mengenal identitas diri sendiri
·         Mengetahui persepsi sendiri tentang diri sendiri,
·         Mengetahui rencana ,kemauan,tujuan dalam hidup. Anda punya visi misi dalam hidup,anda punya impian,harapan,cita-cita. Untuk menggapai semua itu anda membutuhkan citra diri positif.
·         Mengetahui kelebihan dan kekurangan diri.anda pasti punya kelebihan dalam diri anda,tapi jangan jadikan kelebihan itu untuk suatu keangkuhan,suatu kesombongan, menjadi riya akan hal tersebut. Tapi jadikan hal kelebihan itu yang bisa menjadi bermanfaat untuk orang lain, kelebihan itu bisa anda bagikan kepada orang lain sehingga apa kelebihan anda bisa rasakan juga oleh orang lain.



TIPS DALAM BERINTERAKSI DENGAN INDIVIDU

·         Memiliki keluwesan dalam pergaulan
·         Memiliki kemampuan dalam berinteraksi
·         Memiliki kemampuan berkomunikasi secara efektif
·         Memahami kemauan dan berkehendak orang lain
·         Memiliki empati
·         Mampu menghargai orang lain.

UNSUR YANG DIPERLUKAN DALAM BERINTERAKSI SECARA EFEKTIF

1.  Memiliki rasa percaya diri yang kuat
2.  Memiliki keluwesan dalam bergaul
3.  Mempunyai persepsi yang tepat terhadap lingkungan
4.  Mengetahui apa yang diharapkan dalam interaksi.


Ciri pribadi yang bisa menyesuaikan

1.  Bersikap praktis
2.  Menyadari keinginan motif dan gaya hidup pribadi orang lain
3.  Memiliki harga diri dan toleransi
4.  Mampu memberi dan menerima kasih sayang menghormati dn menghargai orang lain
5.  Memiliki produktifitas.kreatifitas inovatif
6.  Mengetahui tingkatan” stres
7.  Lentur dalam bertingkah laku dalam menghadapi masalah
8.  Peka akan perasaan orang lain.

Tetap berjuang,terus belajar semnagadd,,,!!!
Dan nantikan kata dari ummi dan abii
“ we,they,n world Pround Of YOUUUUUUU...”.
Dan tersenyum bersama alam semesta..
Sekian catatan dari dosen matkul hari ini...semoga bermanfaat..:)